Sunday 10 February 2013

Petani, Tuan dan Pemilik Sejati Sebuah Negara


"Alfallaahu sayyidul bilaadi wa maalikuhu al-haqiiq"
Pernakah teman-teman mendengar kata-kata tersebut ?
Mungkin untuk sebagian teman-teman yang berlatar belakang pendidikan madrasah seperti saya, sudah tidak asing lagi mendengar kata-kata tersebut.”Alfallaahu sayyidul bilaadi wa maalikuhu al-haqiiq” adalah pepatah Arab yang mempunyai arti yang cukup mendalam bila kita menela’ah arti dari kata-kata tersebut. Bahkan kata-kata tersebut juga termasuk kata mutiara yang cukup dikenal dalam hazanah intelektual Islam
.
Alfallaahu sayyidul bilaadi wa maalikuhu al-haqiiq” artinya seorang petani adalah tuan dari sebuah negara dan pemilik wilayah yang sesungguhnya. Ada arti mendalam dari kata pepatah tersebut jika kita menela’ah lebih jauh makna dari kata tersebut, yang pertama "Alfallaahu sayyidul bilaadiyang berati seorarang petani adalah tuan dari sebuah Negara, seperti yang telah kita ketahui pertanian terbilang sangat menonjol dalam menentukan maju tidaknya perkembangan sebuah Negara yang mampu menjadi sumber terpenting perekonomian Negara itu sendiri. Petani bukan saja mampu mencukupi kebutuhannya secara mandiri, namun juga dapat memberi sumbangan terbesar bagi kemakmuran seluruh rakyat.
   
“Sayyid” yang berarti tuan yang juga merupakan sebutan kehormatan dalam bahasa Arab, maka “Sayyidul Bilad”yang berarti Tuannya sebuah negeri yang dimaksudkan kepada petani, berarti ini merupakan sebuah reward tersendiri yang tidak main-main, untuk seorang petani yang merupakan pekerjaan yang begitu mulia.

Lebih daripada itu, yang kedua yakni kata-kata selanjutnya ‘wa Maalikuhu” yang berarti pemilik atau yang menguasai, ini berarti sektor pertanian ini merajai perekonomian negara dan berkaitan langsung dengan soal kesejahteraan umat,  pernyataan ini di perkuat dengan kata “al-haqiiq” yang berarti kebenaran sejati, yang pada intinya berarti pula Petani berada pada tingkat penghargaan tertinggi yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa ini.

Jadi, intinya berbanggalah hidup dalam sebuah Negara yang unggul dalam sektor pertanian yang kita kenal dengan sebutan Negara agraris, dan akuilah Kecintaan kalian terhadap hijau taninya Indonesia. Karena hijaunya pertanian adalah integritas pribadi Negara Indonesia.

Author : AnonymousPosted On : Sunday 10 February 2013Time : 2/10/2013

No comments:

Post a Comment

SHARE TO :
Powered by : Blogger