Friday 7 June 2013

Amalan Sunnah di Hari Jum'at


Assalamua'alaikum sahabat muslim!
Juma'at Mubarak ! Selamat hari juam'at yang penuh berkah!

Mari kita awali hari ini dengan membaca "Bismillahirrahmaanirrahiim"

Sebagai seorang muslim sepantas kita mengetahui amalan sunnah apa saja yang di anjurkan oleh Rasul kita Nabi Muhammad SAW, mengingat Hari Jum'at adalah Yaumul Mubarak atau hari yang berkah, yuk kita simak, apa aja sih sunnah di Hari Jum'at:

Membaca Surat as-Sajdah dan al-lnsan Pada Sholat Subuh

Tahukah kalian Rasulullah sering membaca kedua surat tersebut pada sholat shubuh di hari jum'at, bagaimana dengan kalian sahabat muslim :)

Memperbanyak Shalawat kepad Nabi Muhammad SAW

"Dari Abu Umamah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro, hasan lighoirihi)".

Yuk kita perbanyak shalawat, apalagi sekarang bulan dimana beliau di isrha dan di mi'raz kan, tabungan pahalanya gede tuh!

Memperbanyak do’a di hari Jum’at

Jum'at adalah salah satu hari yang dimuliakan, tentu Allah akan memberi pelayanan spesial di hari jumat, yaitu do'a yang kita penjatkan InsyaAllah akan terkabul.
Ada hadits yang menyebutkan tentang kapan waktu mustajab di hari Jum’at yang dimaksud. Hadits tersebut adalah dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda, “Waktu siang di hari Jum’at ada 12 (jam). Jika seorang Muslim memohon pada Allah ‘Azza wa Jalla sesuatu (di suatu waktu di hari Jum’at) pasti Allah ‘Azza wa Jalla akan mengabulkannya. Carilah waktu tersebut yaitu di waktu-waktu akhir setelah ‘Ashar.” (HR. Abu Daud).

Mandi Juam'at

Islam sangat mencintai kebersihan, baik kebersihan yang ada pada diri kita, baik yang besifat Rohani ataupun Jasmani. Nah, sebelum kalian pergi ke mesjid untuk sholat Jum'at alangkah baiknya mandi terlebih dahulu, atau kita sering menyebutnya dengan mandi adus untuk membersihakan hadast yang ada pada tubuh kita.

5 di Badan dan 5 di Kepala
Saya pernah, mendapat ilmu dari seorang guru besar dari IPB, #tapi subhanallah saya lupa namanya, ilmu yang berkaitan amalan sunnah di hari Jum'at, yakni 5 di badan dan 5 di kepala.

5 di Badan :
  • Memotong kuku tangan
  • Memotong kuku kaki
  • Mencabut bulu ketiak
  • Mencabut bulu kemaluan
  • Memakai wangi-wangian
5  di Kepala :

  • Memotong rambut
  • Mencukur kumis
  • Memelihara janggut
  • Bersiwak
  • Membersihkan hidung dan telinga
Wah, islam itu indah ya, jadi sunnah jum'at yang mana yang sudah kalian lakukan di hari jum'at ini?
Yuk kita amalkan amalan sunnah di Hari Juam'at, agar hari kita menjadi berkah!

Semangat Jum'at!


Author : AnonymousPosted On : Friday 7 June 2013Time : 6/07/2013

No comments:

Post a Comment

SHARE TO :
Powered by : Blogger