Wednesday 5 June 2013

Green Techno School, The School that I’d Like

Mohon cantumkan poster ini dalam tulisan di blog Anda


Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran di bawah pengawasan guru. Sebagian besar negara memiliki sistem pendidikan formal, yang umumnya wajib. Dalam sistem ini, siswa diharapakan mamiliki kemajuan melalui serangkaian sekolah.

What i would say if you asked me, what kind of school that I’d like?

Saya mempunyai cita-cita untuk mendirikan sekolah sesuai sekolah yang saya dambakan. Dengan belajar dari minimnya fasilitas dan kurang efektifnya sistem pendidikan yang saya alami di sekolah, saya mempunyai dambaan sekolah tersendiri. Sekolah dambaanku adalah sekolah yang menerapkan sistem pendidikan yang menekankan aspek sikap dan kebiasaan yang merupakan dasar bagi pengembangan soft skills yang berbasis teknologi modern, dan peduli terhadap lingkungan hidup.

"Green Techno School


Sekolah dengan sistem pendidikan yang berbasis teknologi informasi lebih efektif bagi siswa. Dalam rangka meningkatkan kualitas kegiatan belajar-mengajar di sekolah kita dapat memanfaatkan teknologi informasi, dimana siswa dapat belajar mandiri dan tidak terpaku terhadap sistem pembelajaran formal. Dengan sekolah yang terkoneksi dengan teknologi komputer dan internet, para siswa tidak hanya dapat belajar di dalam kelas. Mereka dapat belajar di mana saja dan kapan saja sesuai selera mereka masing-masing, karena hampir semua materi pelajaran dapat mereka peroleh melalui CD atau langsung diakses melalui Internet.

Bahkan dengan maraknya situs jejaring sosial yang keberadaanya seakan telah  menjadi virus dikalangan remaja sekarang ini, bisa kita manfaatkan menjadi virus yang baik bagi para siswa, salah satunya dengan pemanfaatan kul-tweet di Twitter sebagai sarana membagi ilmu dan opini antara guru dan siswa. Dengan begitu, proses kegiatan belajar mengajar akan terbantu dan tidak akan menimbulkan kejenuhan bagi setiap siswa.

Selain itu, dengan teknologi informasi tersebut berguna juga sebagai dasar pengembangan soft skills bagi setiap siswa, guna membangun pribadi siswa yang berkualitas, karena soft skill itu hanya bisa ditularkan, bukan diajarkan.

Kenyamanan di sekolah harus menjadi prioritas tersendiri di sebuah sekolah, salah satunya dengan suasana lingkungan yang astri, dan lebih natural. Saya mempunyai konsep Green School yaitu sekolah yang cinta terhadap lingkungan hidup. Dengan konsep Green School tersebut setiap siswa diharapkan sadar akan begitu pentingnya menjaga lingkungan hidup agar senantiasa hijau dengan tanaman dan pepohonan sebagai pengasil Oksigen utama di bumi.


"Green Techno School" adalah konsep sekolah dambaanku dimana sekolah tersebut memenuhi aspek sarana dan prasarana sebagai berikut :
  • Creative and Innovative Teachers
    Sekolah akan terasa begitu nyaman dan asik, jika mempunyai guru yang terampil dalam mengajar. Seorang guru harus bisa mengembangkan ide-ide lama menjadi ide-ide baru. Juga mengkolaborasikan ide-ide lama dan ide-ide baru sehingga menjadi ide-ide yang luar biasa kreatif dan inovatif.
  • Green Classroom
    Yaitu ruang kelas dengan suasana yang asri, dengan tata ruang yang bebas di atur sesuka hati oleh semua siswa. Lengkap dengan fasilitas audio visual pendukung media pembelajaran.
  • Online Test 
    Dengan sekolah yang terkoneksi dengan internet, akan memberi kemudahan tersendiri untuk siswa, diantaranya dengan Online Test , dimana siswa dapat berlatih mengerjakan soal-soal ujian secara online sebagai sarana persiapan ujian di sekolah.
  • Web School Forum
    Dengan fasilitas forum web di sekolah setiap siswa dapat berinteraksi dan berhubungan jarak jauh dengan siswa lainnya dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, untuk mendiskusikan berbagai mata pelajaran, atau kegiatan-kegiatan lain di sekolah, selama terkoneksi dengan internet.
  • Laboratorium Sekolah
    Sebagai tempat untuk keperluan riset ilmiah dan menjaring serta memanfaatkan secara langsung hasil dari kreatifitas siswa baik dalan ekskul maupun intraskul, mengingat pentingnya proses penelitian sebelum produk hasil karya siswa tersebut di konsumsi publik. untuk itu keberadaan laboratorium sekolah sangatlah penting keberadaannya.
Harapan untuk sistem pendidikan Indonesia kedepannya yaitu, Indonesia harus mempunyai sistem pendidikan yang bertaraf internasional dan lebih baik dari sekarang. Nilai UAN jangan menjadi acuan penekanan utama perolehan hasil belajar, tapi skill dan kemampuan siswa lah yang harus menjadi acuan perolehan hasil belajar dan penentu lulus tidaknya siswa di sekolah.

Author : AnonymousPosted On : Wednesday 5 June 2013Time : 6/05/2013

No comments:

Post a Comment

SHARE TO :
Powered by : Blogger