Friday 19 July 2013

Menambah Pahala Puasa dengan Ngabuburit

Menambah Pahala Puasa dengan Ngabuburit


Bulan ramadhan adalah bulan yang yang sangat dimuliakan, dimana pada bulan tersebut ada suatu kewajiban untuk seorang muslim yaitu berpuasa. Di bulan yang penuh berkah ini kita sebagai umat muslim yang shalih di anjurkan untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Banyak hal yang bisa kita lakukan yang bisa menjadi nilai tambah pahala berpuasa kita, salah satunya dengan ngabuburit.

Kata Ngabuburit berasal dari bahasa sunda yang artinya kegiatan di sore hari, untuk menunggu waktu adzan maghrib pada bulan Ramdhan, yakni menunggu datanggnya waktu berbuka puasa. Kegiatan ngabuburit tersebut sudah menjadi menjadi kegiatan rutin sebagian muslim di seluruh dunia, walaupun beda dalam penamaanya.

Namun, kegiatan ngabuburit seperti apakah yang dapat mendatangkan pahala ?

Kegiatan ngabuburit dapat menjadi nilai tambah pahala di bulan Ramdhan ini jika kegiatan tersebut bermanfaat dan tidak mengurangi kekhusyusa'n kita dalam berpuasa. Diantara kegiatan-kegiatan yang bermanfaat tersebut adalah sebagai berikut :

  • Tadarus Alquran
    Jangan jadikan ibadah Ramadhan kita penuh sia-sia hanya karena lisan penuh hina dan cela, untuk menjaga lisan kita dari perkataan-perkatan yang tercela hendaknya kita memperbanyak membaca Al-quran. Dengan membaca Alquran akan membuat hati kita menjadi tenang dan penuh ketentraman, dan waktu datangnya berbuka puasa yang kita tunggu pun akan terasa lebih cepat.
  • Pesantren Kilat

    Saat yang sunnah jadi pahala wajib dan yang wajib dilipat gandakan maka semua kebaikan dan manfaat jangan lagi ditahan. Seperti itulah keutamaan Bulan Ramdhan.
    Perbanyaklah datang ke majelis ilmu agar kita senantiasa jauh dari kegaitan-kegaitan maksiat yang senantiasa menghantui pahala puasa kita
     
  • Mempersiapkan Makanan untuk Berbuka Puasa

    Nah, untuk kalian khususnya sahabat muslimah, mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa bisa dijadikan cara untuk kegiatan ngabuburit. Pahala untuk orang yang memberi makanan untuk berbuka kepada orang yang berpuasa itu sangat besar, sehingga cara ini sangat efektif untuk kailan sahabat muslimah.
Intinya kegiatan ngabuburit itu sangat penting, bahkan di anjurkan, selama kegiatannya bermanfaat dan tidak mengganggu pahala puasa kita. So, Ayo kita Ngabuburit!

Author : AnonymousPosted On : Friday 19 July 2013Time : 7/19/2013

No comments:

Post a Comment

SHARE TO :
Powered by : Blogger